Jumat, 26 Juni 2015

Cara Membuat Game Kursor



Membuat game cursor sangat mudah, karena sama seperti membuat persentasi biasa. Hanya saja dalam membuat game cursor kita harus sedikit lebih teliti dalam membuatnya.

Langsung saja kita menuju langkah pertama :

1. Buka Power Point kemudian buat tampilan awal game sesuai keinginan, misal seperti gambar ini.



2. Kemudian klik new slide untuk membuat jalur kursornya, sebelum membuat jalurnya buat dulu backgroundnya, setelah itu baru buat jalurnya. Untuk membuat jalur yang lainnya tinggal copy paste dari jalur yang pertama tadi.



3. Selanjutnya buat slide yang akan ditampilkan jika pemain keluar jalur dan slide jika pemain berhasil melewati semua level permainan.



4. Pada bagian ini harap diperhatikan, agar tidak terjadi kesalahan. Pada tampilan awal tadi klik pada tombol start (main saiki pada gambar) kemudian klik pada menu Insert è setelah itu klik Action, maka akan mucul seperti gambar ini è karena akan dijaikan seperti fungsi tombol maka yang kita pilih adalah Mouse Click è kemudian pilih Hiperlink to kemudian pilih Slide dan arahkan pada slide permainan level pertama (misal Slide 3).



5. Kemudian buat garis finish permainan, finish bisa langsung kita arahkan ke level selanjutnya. Caranya sama seperti membuat tombol start tadi, hanya saja finish disini bukan dijadikan fungsi tombol, maka yang kita pakai pada Action Setting adalah Mouse Over. Jadi saat kursor menyentuh finish akan langsung diarahkan ke level permainan selanjutnya.




6. Selanjutnya mengarahkan ke slide kalah jika kursor keluar jalur. Caranya klik pada bagian backgroundnya, kemudian pada Action Setting pilih Mouse Over dan arahkan ke slide kalah.




7. Agar saat ditampilkan tidak pindah slide waktu di klik, pilih Slide Show pilih Set Up Slide Show dan pilih Browsed at a kiosk (full screen).




8. Kemudian simpan dengan format PowerPoint Show atau PowerPoint Macro-Enable Presentation.



0 komentar:

Posting Komentar