Rabu, 10 September 2014

Bagian-bagian dalam CPU dan pengertian CPU-Z

Sedikit akan saya jelaskan tentang komponen-komponen dalam CPU :

1. Motherboard

gambar motherboard
Fungsi dari motherboard atau bisa juga disebut sebagai main board. Motherboard adalah komponen paling penting dalam suatu PC karena ini adalah bagian dimana komponen-komponen yang berfungsi melekat. Yang diantarranya adalah mengatur pemberian atau konsumsi daya istrik pada tiap komponen komputer. Motherboard juga berfungsi untuk mengatur semua jalannya proses, mulai dari penyimpanan data seperti harddisk, CD ROM, mouse, printer dan keyboard. Motherboard juga memiliki fungsi menghubungkan semua komponen komputer yang terpasang. Dalam kaa lain motherboard adalah pusat kendali dari semua komponen komputer agar setiap komponen komputer dapat saling terhubung satu sama lain.


2. Baterai CMOS
baterai CMOS
Baterai CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Adalah sebuah baterai yang digunankan oleh BIOS meski dalam kondisi tidak di aliri arus listrik. Baterai CMOS ada di tiap motherboard yang terpasang pada tempatnya. Baterai CMOS memiliki ciri seperti baterei jam tangan. Motherboard yang terpasang baterai CMOS akan selalu ditampilkan pesan eror apabila komputer sedang dalam keadaan booting. Komputer akan menggunakan default sistem atau BIOS bila motherboard tidak terpasang baterai CMOS.
3. Chip set
Chip set
Chip set dirancang untuk memiliki fungsi dan kerja tertentu pada motherboard. Tidak hanya pada motherboard tapi juga padan kartu grafis (VGA), Begitu juga pada peralatan komputer lainnya. Chip set memiliki adalah kumpulan dari IC yang berbentuk kecil.
4. Processor
gambar processor
Processor adalah otak utama dari komputer. Yang disebut sebagai CPU (Central Processing Unit)  pada aslinya adalah processor ini. CPU adalah unit utama yang mengatur dan memproses semua program yang akan dijalankan oleh komputer. Processor adalah otak pengendali komputer yang didukung oleh komponen-komponen yang lain. Processor adalah sebuah chip yang mengatur secara menyeluruh jalannya tiap program dan sistem komputer. Proessor memiliki kekuatan yang cukup besar karena benda kecil inilah yang mengatur kecepatan olah data dari sebuah komputer.
5. Fan komputer
gambar kipas
Yang dimaksud dari kipas pada komputer adalah kipas yang berada pada casing komputer. Ada juga yang menempel pada heatsink. Kipas komputer ini digunakan ketika kmputer dalam keadaan menyala untuk mengatur suhu dalam CPU agar tidak mengalami over heat pada bagian-bagiannya. Kipas pendingin sangat diperlukan untuk mengatur suhu dalam CPU karena jika komponen komputer ini mengalami panas yang berlabihan dan tdak dapat ditangani maka akan merusak bagian-bagian komputer ini.
6. Power supply
gambar power supply
Power supply adalah komponen utama yang menyuplai tenaga atau tegangan langsung ke seluruh perangkat komputer. Karena semua sumber tenaga listrik berasal dari power supply maka power supply juga sering disebut sebagai jantungnya komputer. Power supply berfungsi mengubah arus AC menjadi DC karena komponen komputer hanya bisa beroprasi dengan arus DC. Besarnya  listrik yang mampu ditangani power supply dihitung dan diukur dalam satuan watt.
7. Harddisk
gambar harddisk
Harddisk adalah media penyimpanan dalam sebuah PC. Apapun data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang. Harddisk adalah media penyimpanan yang permanen dan memiliki kapasitas daya tampung yang cukup besar.
8, VGA Card
gambar VGA Card
VGA (Video Graphics Accelerator) card adalah komponen komputer yang digunakan untuk mengolah data grafis yang ditampilkan pada layar komputer. VGA sendiri juga memiliki proccesor yaitu GPU (Graphics Proccesor Unit). VGA berfungsi untuk menterjemahkan keluaran komputer ke layar monitor.

9. Heatsink
gambar heatsink
Ini adalah komponen yang digunakan untuk menyerap panas di CPU agar performa procesor makin meningkat dan biasanya heatsink ini dipadukan dengan sebuah fan untuk mengoptimalkan penyerapan panas dengan cara mengalirkan panas dari heatsink keluar dari CPU.

CPU-Z

CPU-Z adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengetahui informasi lengkap tentang komuter kita dengan cara yang mudah dan aplikasi ini tidak perlu diinstal (dapat langsung dijalankan).



Mainbord
Adalah adalah perangkat paling penting karena digunakan sebagai tempat melekatnya komponen-komponen komputer yang berfungsi. Dengan CPU-Z ini kita dapat mengetahui tentang graphic interface, BIOS dan juga spesifikasi motherboard pada perangkat komputer yang digunakan.




Memory
Memori adalah tempat penyimpanan yang permanen dalam sebuah komputer dan besar kecilnya kemampuan sebuah memori dalam menyimpan data dinyatakan dengan Byte. CPU-Z ini memberikn informasi tentang tipe dan ukuran ukuran memori. Juga memori timing.



CPU
CPU adalah unit utama yang mengatur dan memproses semua program yang akan dijalankan oleh komputer.
Dalam CPU-Z ini menjelaskan tentang processor apa yang terpasang pada komputer, clock (Core#0), dan cache.

0 komentar:

Posting Komentar